Jurnal Pendidikan Aksara, Vol. 4, No. 4, 2021

Jurnal Pendidikan Aksara merupakan jurnal yang memuat artikel pendidikan hasil penelitian dan non-penelitian, khususnya bidang pembelajaran dan pendidikan yang berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), best practice, makalah, studi kasus, dan studi pembelajaran.

Jurnal ini terbit 4 (empat) kali dalam setahun pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.

Judul JurnalJurnal Pendidikan Aksara
EdisiVol. 4, No. 4, Oktober – Desember 2021
BahasaBahasa Indonesia
Frekuensi Terbit3 Bulanan
PenerbitAksara Media
ISSN2620-3006

DAFTAR ISI

ADRAWATI, S.Pd. M.Pd
SMP Negeri 2 Mandau, Kabupaten Bengkalis, Prov. Riau

Abstrak: Penelitian ini berupaya meningkatkan keterampilan menulis teks berita dengan menggunakan media gambar peristiwa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan deskripsi pelaksanaan pembelajaran menulis teks berita dengan media gambar peristiwa, sehingga diprediksi dapat meningkatkan keterampilan menulis teks berita dan mampu memotivasi siswa dalam menulis teks berita. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang berfokus pada pembelajaran keterampilan menulis teks berita dengan menggunakan media gambar peristiwa. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, implemen–tasi tindakan; observasi dan evaluasi refleksi. Sumber data penelitian ini ialah kelas VIII C SMPN 2 Mandau Kab. Bengkalis Semester Genap tahun pelajaran 2018/2019. Data yang diperoleh melalui tes, wawancara, dan observasi selama tindakan berlangsung. Adapun hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII C SMPN 2 Mandau. Para siswa menentukan kelengkapan unsur berita meningkat pada tiap siklusnya, yang menunjukkan kepahaman dan kelancaran siswa dalam menuangkan ide ceritanya. Rata-rata nilai yang diperoleh siswa pada akhir setiap siklus meningkat. Pada tes awal rata-rata nilai menulis teks berita adalah 69,2. Siklus I 76,7, dan siklus II 79,4. Dari segi proses pembelajaran menulis teks berita dengan media gambar peristiwa ini menghasilkan respon yang positif. Hal ini terbukti perilaku siswa yang tampak antusias terhadap kegiatan pembelajaran terutama pada saat berdiskusi kelompok untuk menentukan unsur-unsur berita dari gambar peristiwa yang disajikan. Pembelajaran serta pengembangannya diserahkan pada masing-masing siswa. Jika hal ini terbangun terus, siswa akan lebih mahir dalam menulis teks berita dari setiap kejadian yang dilihatnya. Untuk itu seyogyanya para guru mencoba model dan strategi ini dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis teks berita.

Kata kunci: Media gambar peristiwa, keterampilan menulis teks berita.

SUWARTINI, S.Pd.SD.
SDN 1 Tempursari, Kec. Sapuran, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan: 1) mendeskripsikan prosedur pengembangan media pembelajaran matematika “Rak Telur Pelangi” pada materi perkalian kelas II SD Negeri 1 Tempursari Kecamatan Sapuran yang layak digunakan sesuai dengan tahap perkembangan kognitif siswa, 2) mengetahui penggunaan media pembelajaran “Rak Telur Pelangi” untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Prosedur penyusunan produk “Rak Telur Pelangi” yaitu melalui tahap Penentuan Masalah, Studi Literatur, Rancangan Produk, Validasi Desain, Revisi Desain, Pembuatan Produk, dan Uji Coba Terbatas pada siswa kelas II SD Negeri 1 Tempursari Kecamatan Sapuran. Hasil dari penelitian media pembelajaran “Rak Telur Pelangi” setelah berhasil dikembangkan adalah sebagai berikut: kelayakan produk ditunjukkan dengan kualitas produk berdasarkan 1) penilaian ahli materi diperoleh skor 84 dengan rata-rata skor 4,94 (kategori baik sekali), 2) penilaian ahli media diperoleh skor 89 dengan rata-rata skor 4,68 (kategori baik sekali), 3) penilaian oleh guru kelas diperoleh skor 122 dengan rata-rata skor 4,88 (kategori baik sekali). Sedangkan berdasarkan hasil uji coba terbatas pada siswa kelas II SD Negeri 1 Tempursari Kecamatan Sapuran, siswa mengalami peningkatan pada hasil belajar siswa sebesar 30,69%. Dengan demikian, media pembelajaran matematika “Rak Telur Pelangi” layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika pada materi perkalian dikelas II SD Negeri 1 Tempursari Kecamatan Sapuran.

Kata kunci: media rak telur pelangi, perkalian dan pembagian, efektivitas.

SUHARNI, S.Pd.SD.
SDN 2 Glagah, Kec. Sapuran, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 2 Glagah Kecamatan Sapuran IV dalam pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and picture. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 tahap yaitu perencanaan, tindakan & observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 2 Glagah Kecamatan Sapuran yang berjumlah 20 siswa dan guru kelas. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Indikator keberhasilan dari tindakan ini yaitu apabila sekurang-kurangnya 75% siswa kelas VI SD Negeri 2 Glagah Kecamatan Sapuran mengalami ketuntasan hasil belajar minimal 75. Pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan langkah- langkah Picture and picture dengan perbaikan pada siklus II yaitu siswa mendengarkan kompetensi yang akan dicapai, mendengarkan materi pengantar yang disampaikan guru, sesekali guru mmanggil siswa dan mengajukan pertanyaan, siswa mengamati beberapa gambar terkait materi, dengan bantuan guru siswa dibagi menjadi kelompok- kelompok kecil dan mengatur tugas anggota dalam setiap kelompok, siswa menerima LKS dan gambar-gambar yang harus diurutkan, siswa berdiskusi mengerjakan LKS dan menerima bantuan dari guru, bergantian mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dengan batas waktu yang disediakan, siswa dengan bantuan guru menemukan konsep dari materi yang dipelajari, dan menyimpulkan/ merangkum materi. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and picture pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI di SD Negeri 2 Glagah Kecamatan Sapuran.

Kata Kunci: Picture and picture, hasil belajar siswa, Ilmu Pengetahuan Alam.

WAWAN PANGROSO, S.Pd.SD
SDN 3 Jonggolsari, Kec. Leksono, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mengkaji penggunaan media sosial oleh siswa di sekolah dasar, dampak yang timbul dari penggunaan media sosial bagi siswa sekolah dasar, dan peran serta kebijakan sekolah terhadap penggunanaan media sosial tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa, guru, kepala sekolah, dan orang tua siswa. Metode pengumpulan data terdiri atas observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) siswa menggunakan media sosial untuk aktualisasi dan visualisasi diri, (2) Frekuensi mengakses media social bergantung pada kepemilikan gadget dan fasilitas yang tersedia, (3) Dampak positif dari penggunaan media social yaitu memudahkan terjalinnya komunikasi antara siswa dan guru; sebagai sarana belajar dan mencari sumber referensi belajar. Sebaliknya dampak negatif dari penggunaan media social yaitu kecanduan siswa terhadap konten negatif. (5) Adapun peran dan kebijakan sekolah terhadap penggunaan media sosial bagi siswa tidak dapat dibendung dengan larangan, (6) tetapi kebijakan kepala sekolah yang mengikuti perkembangan pendidikan saat ini memperbolehkan penggunaan tersebut dengan menitik beratkan peran guru sebagai objek utama dalam usaha pengawasan dan kontrol di dalam dan di luar kelas selama waktu sekolah berlangsung.

Kata Kunci: Media Sosial, Pembelajaran, Siswa SD

TITIK HARTINI, S.Pd.
SMA Negeri 2 Mejayan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini didesain melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi Memahami metode ilmiah, hakikat ilmu Kimia, keselamatan dan keamanan Kimia di laboratorium, serta peran kimia dalam kehidupan melalui penerapan metode observasi yang divariasikan dengan LKS Word square siswa kelas X-MIPA 3 SMA Negeri 2 Mejayan Kabupaten Madiun Tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-MIPA 3 SMA Negeri 2 Mejayan Kabupaten Madiun Tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Indikator keberhasilan penelitian ini adalah (1) peningkatan persentase siswa yang memperoleh nilai ≥65 atau jumlah siswa yang belajar tuntas meningkat menjadi 100%, (2) ketuntasan keaktifan klasikal ≥75%. Berdasarkan hasil penelitiandiperoleh data kenaikan Prosentase pencapaian ketuntasan belajar klasikal pada siklus I: 32%, siklus II: 76% dan siklus III: 100%.

Kata Kunci: hakikat ilmu kimia, metode observasi, lks word square

PARINEM, S.Pd. SD.
SDN 1 Ngadikerso, Kec. Sapuran, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Tujuan penelitian tindakan sekolah yang telah dilaksanakan ini adalah untuk mendeskripsikan meningkatan kompetensi profesional guru di SD Negeri 1 Ngadikerso Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo Tahun Ajaran 2021/2022 setelah diterapkan pendekatan supervisi kolaboratif. Hasil di atas menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru mengalami peningkatan dari sebelum dan setelah dilakukan penelitian ini. Pada kondisi sebelum tindakan kemampuan/kompetensi profesional guru baru mencapai 52,6 dan meningkat setelah tindakan menjadi 83,56. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kompetensi profesional guru di SD Negeri 1 Ngadikerso Kecamatan Sapuran dapat ditingkatkan melalui penerapan pendekatan supervisi kolaboratif.

Kata Kunci: supervisi kolaboratif, kompetensi profesional

LELI KURNIAWATI, S.Pd.
SDN 2 Pengarengan, Kec. Kalibawang, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS materi Peristiwa Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 2 Pengarengan kecamatan Kalibawang, kabupaten Wonosobo semester II Tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi Peristiwa Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia masih sangat rendah, terlihat dari 21 siswa yang ada, hanya ada 5 siswa yang mendapat nilai >70 dengan rata-rata nilai 55. Hal ini menjadikan pembelajaran dapat dikatakan tidak berhasil, sehingga perlu diadakan perbaikan, sehingga perlu diadakan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar materi Peristiwa Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan metode bermain peran pada siswa kelas V SDN 2 Pengarengan kabupaten wonosobo menunjukkan adanya peningkatan. Nilai rata-rata setelah menggunakan metode bermain peran meningkat menjadi 77,14. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Peristiwa Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia kelas V SDN 2 Pengarengan kecamatan Kalibawang kabupaten Wonosobo pada semester II tahun pelajaran 2020/2021.

Kata kunci: hasil belajar, metode bermain peran (Role Playing), IPS

DWI SUSANTI, S.Pd.
SMA Negeri 2 Mejayan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan menganalisis keanekaragaman hayati dengan metode eksperimen siswa kelas X MIPA-3 SMA Negeri 2 Mejayan Kabupaten Madiun tahun pelajran 2019/2020. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian tindakan. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru lain serta dengan kepala sekolah. Peneliti terlibat langsung dalam penelitian mulai dari awal sampai penelitian berakhir. Peneliti berusaha melihat, mengamati, merasakan, menghayati, merefleksi dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (obseving), dan refleksi (relecting). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata kelas baru mencapai 62 dengan ketuntasan 43,3% pada KKM 70. Pada siklus II nilai rata-rata kelas baru mencapai 73 dengan ketuntasan 66% pada KKM 70. Pada siklus III nilai rata-rata kelas baru mencapai 80 dengan ketuntasan 100% pada KKM 70. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran sudah mencapai kriteria yang ditentukan.

Kata Kunci: keanekaragaman hayati, eksperimen, pendekatan kuantitatif

FATCHUROCHMAH, S.Pd.
SDN 2 Tegalombo, Kec. Kalikajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang satuan debit pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Tegalombo. Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo dengan menggunakan metode inquiry. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus yang dilakukan secara berulang dan berkelanjutan. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VI yang berjumlah 32 orang siswa dan objeknya adalah siswa Kelas VI SD Negeri 2 Tegalombo dengan menggunakan metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif dengan tekhnik persentase. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan data awal Prasiklus. Siklus I dan II masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Hasil dari tindakan pada penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yaitu antara Pra Siklus dan siklus I meningkat dari 37,5% menjadi 75%, siklus I dan siklus II meningkat menjadi 90,6% mendapat nilai diatas KKM.

Kata kunci: hasil belajar, matematika, metode inquiry

SRI UTAMI, S.Pd.
SMP Negeri 1 Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII E SMPN 1 Poncol dalam menulis puisi bebas dengan tema Lingkungan Alam menggunakan metode Penguraian Nama Diri.Salah satu penyebabnya adalah karena rendahnya keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII-E SMP Negeri 1 Poncol diduga disebabkan penggunaan sumber pembelajaran yang kurang tepat dan tidak bervariasi sehingga siswa kurang berminat dan merasa bosan dengan pembelajaran menulis puisi yang sebelumnya pembelajaran bahasa Indonesia umumnya hanya menggunakan buku sebagai sumber pembelajaran, sehingga ketika proses penilaian dalam pembelajaran hasilnya kurang optimal, nilai yang diperoleh untuk kemampuan menulis puisi masih sangat rendah, nilai rata-rata kurang dari KKM . Karena itu selain buku-buku dan kamus, diperlukan suatu sumber pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan keterampilan menulis puisi.Metode Penguraian Nama Diri dipilih karena diyakini dapat membantu siswa dalam mengeluarkan ide /gagasan dalam bentuk puisi..Subyek penelitian adalah 26 siswa kelas VIII E SMPN 1 Poncol tahun pelajaran 2017/ 2018.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Penguraian Nama Diri telah terbukti efektif, ditandainya dengan peningkatan nilai rata-rata ketrampilan menulis puisi. Dan akhirnya prosentase nilai kemampuan menulis puisi siswa dapat mencapai KKM yang sudah ditentukan.

Kata Kunci: kemampuan menulis, teks puisi, metode akrostik penguraian nama diri

INDWIARTO, S.Pd.
SDN 1 Kalibawang, Ke. Kalibawang, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media activity book untuk menanamkan nilai Pancasila dalam pembelajaran PPKn di kelas II SD Negeri 1 Kalibawang Kecamatan Kalibawang. Media tersebut juga akan diujicobakan untuk mengetahui tingkat kelayakannya sebelum digunakan sebagai media pembelajaran di kelas. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan. Penelitian ini berpedoman pada metode pengembangan oleh Borg dan Gall yang mencakup lima langkah yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk, 4) revisi produk, 6) uji coba lapangan. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Kalibawang Kecamatan Kalibawang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, angket guru kelas, dan angket respon siswa sebagai pengguna media. Teknik analisis dari data hasil penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan produk berupa media activity book dikategorikan layak untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas II materi Pancasila. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji kelayakan yang mendapatkan skor 4,65 yang termasuk dalam kategori layak. Hasil uji coba lapangan awal dan uji coba lapangan utama keduanya menunjukkan kategori layak dengan skor masing-masing 4,86 dan 4,79.

Kata kunci: pengembangan, media activity book, nilai Pancasila

SLAMET RIYADI, S.Pd.SD.
SDN 1 Kalibawang, Kec. Kalibawang, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dalam pembelajaran tematik kelas satu SD Negeri 1 Kalibawang Kecamatan Kalibawang Kabupaten Wonosobo, pembelajaran tematik kelas III menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (CTL). Contextual teaching and learning (CTL) merupakan pembelajaran yang membantu guru dalam proses pembelajaran dimana siswa mampu memahami materi pembelajaran menggunakan pendekatan benda-benda di lingkungan siswa yang memudahkan siswa dalam menerima, memahami dan memaknai materi pembelajaran dengan antusias dan menyenangkan. Dengan demikian maka dalam penerapan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dalam pembelajaran tematik siswa kelas III SD Negeri 1 Kalibawang Kecamatan Kalibawang Kabupaten Wonosobo telah dilaksanakan dan terencana sesuai dengan tujuan pembelajaran dalam RPP yang telah guru persiapkan dan menggunakan konsep pendekatan contextual teaching and learning. Agar proses pembelajaran berjalan dengan lancar dan dapat tercapai maksimal, maka perlu adanya kerjaasama dari semua pihak

Kata kunci: contextual teaching and learning (CTL)

Klik tanda pada bagian pojok kanan atas berkas (file) pdf untuk membuka tampilan penuh (fullscreen).

Anda hanya memiliki akses untuk melihat atau membaca jurnal saja. Akses untuk mencetak (print), mengunduh (download), dan salin-tempel (copy-paste) telah dibatasi.

Bagi Anda yang ingin mengunduh file jurnal secara utuh (lengkap) yang dapat digunakan sebagai referensi Anda, silahkan klik tautan berikut.

Bagi Anda yang berminat agar artikel, karya ilmiah, atau PTK Anda dimuat di jurnal kami, silahkan klik tautan berikut.