Jurnal Pendidikan Aksara, Vol. 5, No. 3, 2022

Jurnal Pendidikan Aksara merupakan jurnal yang memuat artikel pendidikan hasil penelitian dan non-penelitian, khususnya bidang pembelajaran dan pendidikan yang berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), best practice, makalah, studi kasus, dan studi pembelajaran.

Jurnal ini terbit 4 (empat) kali dalam setahun pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.

Judul JurnalJurnal Pendidikan Aksara
EdisiVol. 5, No. 3, Juli – September 2022
BahasaBahasa Indonesia
Frekuensi Terbit3 Bulanan
PenerbitAksara Media
ISSN2620-3006

DAFTAR ISI

KAYAN, S.Pd., M.Sc.
MA Alkhairaat Pelawa Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa, respon siswa dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media animasi pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit di MA Alkhairaat Pelawa Kabupaten Parigi Moutong. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subyek penelitian adalah siswa kelas X IPA MA Alkhairaat Pelawa yang berjumlah 19 siswa. Desain penelitian menggunakan model siklus Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui proses perencanaan tindakan, pengamatan atau observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas guru, angket yang berisi respon siswa, dan tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, observasi aktivitas guru diperoleh nilai persentase rata-rata (NR) 77,65%, motivasi siswa nilai persentase rata-rata (NR) 73,86%, evaluasi tindakan yaitu ketuntasan klasikal 73,86% dan daya serap 74,47%. Sedangkan pada siklus II observasi aktivitas guru diperoleh nilai persentase rata-rata (NR) 92,35%, motivasi belajar siswa nilai persentase rata-rata (NR) 90,35%, evaluasi tindakan yaitu ketuntasan klasikal 89,47% dan daya serap 89,74%, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media animasi dapat meningkatkan hasil motivasi dan belajar kimia pada materi elektrolit dan non elektrolit pada kelas X IPA di MA Alkhairaat Pelawa.

Kata Kunci: media animasi, hasil belajar, larutan elektrolit dan nonelektrolit

Dra. NURUL CHOIRONI, M.Pd
SMP Negeri I Bangil Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya pada siswa Kelas IX D SMPN I Bangil tahun ajaran 2017/2018. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 70,51 dengan ketuntasan klasikal 44,33%, aktivitas siswa sebesar 77,5% dalam kategori tinggi, aktivitas guru dalam pembelajaran sebesar 72,5% atau kategori tinggi. Untuk hasil penelitian siklus II menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 79,33 dengan ketuntasan klasikal 83,33%, aktivitas siswa 90% atau aktivitas siswa dalam kategori sangat tinggi, untuk aktivitas guru sebesar 92,5% dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa Kelas IX D SMPN I Bangil pada materi Perdagangan Internasional dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian adalah perlu adanya kesiapan guru sebelum memulai pelajaran, guru dapat melakukan perbaikan pembelajaran bagi siswa yang belum tuntas belajar, guru juga ada baiknya meningkatkan penguasaan terhadap berbagai jenis metode pembelajaran dengan mengikuti berbagai kegiatan seperti diklat atau seminar pendidikan, sekolah bisa lebih mengembangkan dan memanfaatkan sarana prasarana dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, metode tutor sebaya

ANA ROKHYATI, B.A, S.Pd.
SDN 2 Kalibeber, Kec. Mojotengah, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru SD Negeri 2 Kalibeber Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo dalam mengelola program perbaikan melalui superv mendorong guruisi akademik. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 2 Kalibeber Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo dengan subjek penelitian guru kelas dan guru mata pelajaran dengan jumlah 8 orang terdiri dari 7 orang guru permpuan dan 1 orang guru laki-laki. Penelitian dilaksanakna pada bulan Juli sampai dengan Oktober 2020. Dalam penelitian ini digunakan metode supervisi, diskusi, observasi, wawancara dan analisis dokumen untuk memperoleh data yang diperlukan. Teknik analisa data menggunakan analisa kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola program perbaikan di SD Negeri 2 Kalibeber Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo semester I tahun pelajaran 2020/2021, dibuktikan adanya peningkatan ketuntasan belajar dari kondisi awal sebelum dilakukan tindakan sebesar 63%, menjadi 88% setelah dilaksanakan tindakan. Hal tersebut menunjukkan bahwa supervisi akademik dapat membantu guru dalam meneglola perbaikan pembelajaran.

Kata kunci: perbaikan pembelajaran, supervisi akademik.

SUMARMI, S,Pd., M.Pd.
SMP Negeri 1 Magetan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Guided Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX E SMPN 1 Magetan pada pelajaran Bahasa Inggris materi Report Text di semester genap tahun pelajaran 2019-2020. Desain penelitian ini adalah menggunakan penelitian tindakan dalam bbentuk siklus, yang setiap siklus terdapat empat tahapan penelitian tindakan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah terdapat lebih dari 75% peserta didik yang lolos KKM. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 56,3% (18) peserta didik tuntas KKM, lalu pada siklus II terdapat 78,1% (25) peserta didik tuntas KKM. Keberhasilan penelitian sesuai dengan indikator keberhasilan didapat pada siklus II, yaitu lebih dari 75% peserta didik tuntas KKM.

Kata Kunci: pembelajaran Guided Discovery Learning, materi Report Text

SUPARINI, M.Pd.
SDN Tawangrejo I, Kec. Pandaan, Kab. Pasuruan, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan supervisi kelas bersahabat dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SDN Tawangrejo I Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan sekolah. Subyek penelitian ini adalah sebanyak 15 orang guru yang terdiri dari 12 orang guru kelas dan 3 orang guru mata pelajaran PAI , BTQ dan PJOK. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (a) pelaksanaan tindakan supervisi kelas bersahabat dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di SDN Tawangrejo I Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2020/2021; dan (b) supervisi kelas bersahabat dilaksanakan dengan mengadakan bimbingan pada proses persiapan dan pengadaan perangkat pembelajaran, menjadi tim kerja guru dalam proses pembelajaran di kelas dan mengadakan diskusi untuk kemudian memberikan masukan kepada guru untuk pelaksanaan pembelajaran berikutnya.

Kata kunci: kualitas pembelajaran, supervisi kelas bersahabat

SUKARSIH, S.Pd.
SDN 2 Bojasari, Kec. Kertek, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kinerja mengajar guru dalam proses pembelajaran melalui supervisi akademik kunjungan kelas di Sekolah Dasar Negeri 2 Bojasari dengan jenis penelitian tindakan sekolah. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan studi dokumentasi, observasi, wawancara. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Kegiatan supervisi akademik di Sekolah Dasar Negeri 2 Bojasari diawali dengan kegiatan perencanaan. Dalam perencanaan peneliti membuat program, menyiapkan instrumen supervisi berupa lembar penilaian kemampuan merencanakan pembelajaran dan lembar penilaian pelaksanaan pembelajaran atau Instrumen. Dalam pelaksanaan supervisi melalui kunjungan kelas, supervisor mengawasi kegiatan pembelajaran bersama observer. Kepala sekolah mengamati pelaksanaan tindakan supervisi akademik yang dilakukan Kepala Sekolah/peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada setiap siklus, dengan melalui siklus I dan siklus II.

Kata kunci: supervisi, kunjungan kelas, kinerja guru

SRI RAHAYU, S.Pd.
SMP Negeri 3 Parang, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penulisan best practice ini (1) untuk mengetahui bagaimanakah respon siswa terhadap penerapan Strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada kegiatan story telling; (2) untuk mendiskripsikan apakah dengan Strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan motivasi siswa terhadap story telling. Hasil yang dicapai menunjukkan bahwa terjadi perubahan terhadap sikap dan cara pandang siswa terhadap kegiatan ini yaitu telah terbangunnya rasa percaya diri dan terbentukny jiwa kompetitif yang memberikan dampak positif terhadap hasil yang diperoleh. Ini dapat di lihat dari fakta setelah dilaksanakan yaitu dengan prestasi yang telah dicapai. Siswa memberikan respon yang sangat baik terhadap cara belajar dengan strategi pembelajaran Think Talk Write, yaitu tumbuhnya kesadaran diri siswa secara alami untuk mengikuti kegiatan story telling. Siswa memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dalam menyelesaikan tugastugasnya.

Kata Kunci: story telling, pembelajaran Think Talk Write (TTW)

SITI RINDAYATI, S.Pd.
SDN Karang Ketug III Kota Pasuruan, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitasdan hasil belajar siswa dalam dengan penerapan metode kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di Kelas VI UPT SDN Karang Ketug III Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian dilaksanakan pada siswa Kelas VI UPT SDN Karang Ketug III Kecamatan Gadingrejo Kota. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil pada tahun pelajaran 2019/2020. Kesimpulan penelitian ini adalah (a) Model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa Kelas VI UPT SDN Karang Ketug III dengan perolehan rata-rata aktivitas siklus I = 2,91 dan siklus II = 3,70, dan (b) Model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar belajar siswa Kelas VI UPT SDN Karang Ketug III dengan d rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah sebesar 73 dengan ketuntasan belajar 68,4% dan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 90 dengan ketuntasan belajar 94,7% pada KKM 70.

Kata Kunci: metode kooperatif, Numbered Heads Together (NHT).

YULIANTO, S.Pd.
SMA Negeri 1 Jogorogo, Kabupetan Ngawi, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan peningkatan prestasi belajar Bahasa Inggris materi Memahami Makna Percakapan Transaksional dan Interpersonal Resmi dan Berlanjut siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 1 Jogorogo menggunakan strategi Copy The Master semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Tempat penelitian tindakan kelas ini adalah di SMA Negeri 1 Jogorogo yang terletak di Jalan Raya Jogorogo Ngawi. Penelitian dilaksanakan selama 3 bulan yakni Pebruari-April 2016. Adapun jumlah subjek penelitian adalah 29 siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 1 Jogorogo. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi copy the master, kemampuan siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Peningkatan kemampuan Memahami Makna Percakapan Transaksional dan Interpersonal Resmi dan Berlanjut tersebut diindikasikan angka (1) angka ketuntasan mengalami peningkatan, yakni jika refleksi awal sebanyak 16 siswa atau 55,17% siswa maka pada siklus I mengalami kenaikan menjadi 21 siswa atau 72,41% siswa dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 28 siswa atau 96,55% siswa.

Kata Kunci: percakapan transaksional dan interpersonal, strategi Copy The Master

SRI HARTININGSIH, S. Pd. SD
SDN Kalikuning, Kec. Kalikajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi dengan model siklus yang dilakukan secara berulang dan berkelanjutan pada siswa kelas VI SD Negeri Kalikuning Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo yang berjumlah 27 siswa. Terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Data tentang perkembangan hasil belajar siswa peneliti diperoleh dengan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Selanjutnya data-data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Setelah melalui kajian analisis diskriptif dan analisis komparatif, maka diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Kalikuning mengalami peningkatan dari setiap siklus. Hasil ketuntasan belajar meningkat dari 55% pada pra siklus menjadi 74% pada siklus 1 dan memenuhi target dengan nilai 96% setelah evaluasi siklus 2. Kesimpulannya, penerapan metode demonstrasi tepat dilaksanakan untuk pembelajaran IPA materi gerhana bulan dan matahari. Terbukti dengan hasil ketuntasan belajar yang melebihi target.

Kata kunci: metode demonstrasi, gerhana bulan dan matahari.

SIGIT SUMARSONO, S.Pd.
SDN 1 Patihan, Kec. Loceret, Kab. Nganjuk, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP dengan bimbingan berkelanjutan di SD Negeri 1 Patihan Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk tahun 2020/2021. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Sekolah (School Action Research), yaitu sebuah penelitian yang merupakan kerjasama antara peneliti dan guru, dalam meningkatkan kemampuan guru agar menjadi lebih baik dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkanbahwa bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan motivasi guru dalam menyusun RPP dengan lengkap. Hasil observasi /pengamatan yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP dari siklus ke siklus. Berdasarkan pembahasan di atas terjadi peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP. Pada siklus I nilai rata-rata komponen RPP 69%, pada siklus II nilai rata-rata komponen RPP 83%, terjadi peningkatan 14%.

Kata Kunci: kompetensi guru, menyusun RPP, bimbingan berkelanjutan

ENY ARIYANTI, S.E.
SMP Negeri 1 Magetan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian ini diharapkan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran sebagai upaya meningkatkan minat belajar siswa Kelas 8A SMP Negeri 1 Magetan Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan. Pendekatan dan jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian tindakan. Yang merupakan proses daur ulang, mulai tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pemantauan, refleksi yang mungkin diikuti dengan perencanaan ulang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siklus I mencapai 55%, dan pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 95%.

Kata Kunci: pendekatan konstruktivisme, minat belajar

Klik tanda pada bagian pojok kanan atas berkas (file) pdf untuk membuka tampilan penuh (fullscreen).

Anda hanya memiliki akses untuk melihat atau membaca jurnal saja. Akses untuk mencetak (print), mengunduh (download), dan salin-tempel (copy-paste) telah dibatasi.

Bagi Anda yang ingin mengunduh file jurnal secara utuh (lengkap) yang dapat digunakan sebagai referensi Anda, silahkan klik tautan berikut.

Bagi Anda yang berminat agar artikel, karya ilmiah, atau PTK Anda dimuat di jurnal kami, silahkan klik tautan berikut.