Jurnal Pendidikan Aksara, Vol. 4, No. 3, 2021

Jurnal Pendidikan Aksara merupakan jurnal yang memuat artikel pendidikan hasil penelitian dan non-penelitian, khususnya bidang pembelajaran dan pendidikan yang berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), best practice, makalah, studi kasus, dan studi pembelajaran.

Jurnal ini terbit 4 (empat) kali dalam setahun pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.

Judul JurnalJurnal Pendidikan Aksara
EdisiVol. 4, No. 3, Juli – September 2021
BahasaBahasa Indonesia
Frekuensi Terbit3 Bulanan
PenerbitAksara Media
ISSN2620-3006

DAFTAR ISI

ISMAIL, M.Pd.
SMP Negeri 1 Sangatta Utara, Kab. Kutai Timur, Kalimantan Timur

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran kooperatif dengan model Problem Based Instruction (PBI) dalam meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar PKn pada materi Aturan Hukum yang Berlaku dalam Kehidupan Bermasyarakat dan Bernegara pada siswa kelas IX-B SMPN 1 Sangatta Utara, Kutai Timur semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan jenis penelitian tindakan. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (obseving), dan refleksi (relecting). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut: (1) Partisipasi belajar siswa pada siklus I dengan tingkat rata-rata mencapai 67,18% (kategori cukup) mengalami peningkatan pada siklus II yaitu dengan tingkat rata-rata 75,38% (kategori baik). (2) Pada siklus I nilai rata-rata kelas baru mencapai 71,65 dengan ketuntasan 37,5% pada KKM 75. Pada siklus II nilai rata-rata kelas baru mencapai 76,53 dengan ketuntasan 87,5% pada KKM 75.

Kata Kunci: Partisipasi, Prestasi belajar, Problem Based Instruction.

ZAINAL ABIDIN SALENG, S.Pd., M.Pd.
SMP Negeri 13 Parepare, Kota Parepare, Prov. Sulawesi Selatan

Abstrak: Tujuan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengelola proses pembelajaran bagi guru melalui supervisi akademik di SMP Negeri 13 Kota Parepare Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (PTS) yang dilaksanakan selama tiga siklus, dimana masing siklus meliputi 4 tahapan yaitu; a) perencanaan tindakan, b) pelaksanaan tindakan, c) observasi, dan d) refleksi atau evaluasi. Hasil penilaian kemampuan mengelola proses pembelajaran pada Siklus I terhadap guru mata pelajaran di SMP Negeri 13 Parepare masih dikategorikan kurang dengan prosentase rata-rata hasil sebesar 36%. Namun pada siklus II menunjukkan peningkatan dimana prosentase rata-rata hasil perolehan sebesar 69%, demikian pula peningkatan kemampuan mengelola proses pembelajaran oleh guru IPS terjadi pada siklus III yang dikategorikan sangat memuaskan dengan prosentase rata-rata hasil sebesar 93%.

Kata Kunci: kemampuan mengelola proses pembelajaran, supervisi akademik

Dra. ROSNA
Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah

Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan kecepatan efektif membaca siswa kelas XI IPA 2 MAN 2 Model Palu. Subyek penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas XI IPA 2 Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Palu Propinsi Sulawesi Tengah, dengan jumlah siswa 40 orang. Prosedur penelitian yang digunakan yaitu prosedur jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yatu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Analisis data kualitatif model pembelajaran dianalisis menggunakan analisis deskritif. Motivasi belajar siswa pada siklus I adalah 55,13% dalam kategori motivasi cukup, sedangkan pada siklus II pembelajaran dengan metode Klos menjadi 70,68% kategori motivasi tinggi, dan pada siklus III mencapai 89,82% dengan kategori motivasi sangat tinggi. Kecepatan Efektif Membaca siswa pada siklus I tingkat keterbacaannya masih rendah, karena KEM rata-rata 87 kpm dengan tingkat independent 18%, tingkat intruksional 38% dan pada frustasi 44%. Pada siklus II hasil penelitian mengalami perubahan positif yaitu KEM rata-rata 150 kpm dengan independent 78%, tingkat instruksional 18% dan tingkat frustasi 4%. Hasil penelitian pada siklus III mengalami pemantapan yaitu rata-rata KEM menjadi 210 kpm dengan tingkat independent 100%. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa melalui metode klos dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan motivasi dan kecepatan membaca efektif di kelas XI IPA 2 MAN 2 Model Palu Propinsi Sulawesi Tengah.

Kata Kunci: motivasi belajar, kecepatan efektif membaca, metode klos.

SRI HARYATI, S.Pd.
MAN Kalibeber, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini tujuan untuk mengetahui sejau hmana penggunaan media peta konsep melalui metode pemberian tugas efektif dalam upaya meningkatkan prestasi belajar Biologi pada siswa kelas X MIA 1 MAN Kalibeber Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu tentang peningkatan prestasi belajar dalam pembelajaran Biologi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Masing- masing siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pemberian tugas penyusunan peta konsep efektif meningkatkan prestasi belajar Biologi siswa kelas X MIA 1 MAN Kalibeber Tahun Pelajaran 2016/2017. Pada siklus I nilai rata-rata kelas baru mencapai 76 dengan ketuntasan 58,3% pada KKM 75. Pada siklus II nilai rata-rata kelas baru mencapai 77 dengan ketuntasan 72,2% pada KKM 75. Pada siklus III nilai rata-rata kelas baru mencapai 78 dengan ketuntasan 86,1% pada KKM 75. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran sudah mencapai kriteria yang ditentukan.

Kata kunci: media peta konsep, metode pemberian tugas, prestasi belajar Biologi

Dra. WIWIK SETYANI
SMP Negeri 2 Barat, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif melalui Experiental Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada materi Konsep Ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan Interaksi antar ruang Di Indonesia Serta Pengaruhnya Terhadap Kehidupanmanusia dalam Aspek Ekonomi, Sosial, Budaya dan Pendidikan pada siswa kelas VII-D SMPN 2 Barat semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (obseving), dan refleksi (relecting). Dari hasil penilaian dan pembahasan diperoleh data sebagai berikut. Aktivtas siswa pada siklus I mencapai rata- rata 69,74% (kategori cukup), pada siklus II m,eningkat mencapai rata-rata 75,99% (kategori baik). Hasil Belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata kelas baru mencapai 69,55 dengan ketuntasan 36,66% pada KKM 75. Pada siklus II nilai rata-rata kelas baru mencapai 76,2 dengan ketuntasan 86,66% pada KKM 75

Kata Kunci: pembelajaran kooperatif melalui Experiental Learning, materi Konsep Ruang

YUSELSRI, S.Pd.
SMPN 5 Mandau, Kabupaten Bengkalis, Prov Riau

Abstrak: Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi kalor dan perpindahannya dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heard Together dengan metode Word Square pada kelas VII SMPN 5 Mandau Bengkalis tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dianalisis secara statitik menggunakan rumus presentase, apabila 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan evaluasi menggunakan metode word square dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 5 Mandau Bengkalis tahun 2019/2020. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari Prasiklus ke Siklus I 25% dan Siklus I ke siklus II 25%. Hal ini dapat dilihat perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada Prasiklus hanya mencapai rata-rata 62,81, Siklus I mencapai rata-rata 73,44 dan Siklus II meningkat mencapai rata-rata 84,53. Siswa telah mencapai KKM secara klasikal sebesar 93,75%. Siswa yang belum tuntas belajar pada siklus II akan diberikan tindakan mandiri berupa latihan-latihan atau remedial yang dipantau oleh guru sehingga diharapkan semua siswa dapat tuntas belajar pada materi kalor dan perpindahannya.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), Metode Word Square.

SETOWATI, S.Pd., M.Pd.
SMP Negeri 2 Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Tujuan penelitian ini 1) mendeskripsikan pengaruh penerapan paket pembelajaran model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar dengan membandingkan dengan model konvensional dengan melibatkan variabel sertaan (kovariat) kemampuan awal, berpikir kritis, dan social skill, (2) mengungkapkan hubungan antara kemampuan awal, berpikir kritis dan social skill dengan hasil belajar.2 Garung Wonosobo Jawa Tengah baik secara sendiri maupun bersama-sama. (3) mendeskripsikan sumbangan relatif berpikir kritis terhadap hasil belajar, smbangan sikap social skills terhadap hasil belajar dan sumbangan efektifnya . Desain Penelitian yang digunakan adalah Researh and Development dengan model 4D yaitu define, design, develop dan disseminate diteruskan dengan implementasi satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Data hasil belajar diperoleh pretest dan posttest. Data berpikir kritis dan social skill. dikumpulkan dengan angket. Analisis data digunakan Anakova, dengan 3 variabel sertaan.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh penerapan paket pembelajaran yang dibuktikan adanya perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan pembelajaran model PBL dan model konvensional dengan melibatkan variabel sertaan kemampuan berpikir kritis dan social skills, Nilai Fhitung= 4,157 sedangkan Ft 5% = 1,602 dan indeks gain 0,55 untuk kelas eksperimen dan 0,15 untuk kelas control, (2) terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan social skills dengan hasil belajar topik alat-alat optik dengan nilai koefisien regresi R= 0,864, Fregi = 49,05982 dan koefisien determinasi R2 = 0,746, sehingga sumbangan bersama 74,6%. Hal ini berarti kedua kovariat merupakan prediktor yang baik untuk hasil belajar, (3) sumbangan relatif berpikir kritis terhadap hasil belajar sebesar 35,11% dan sumbangan efektifnya 26%. Sumbangan sikap social skills terhadap hasil belajar sebesar 48,78% dan sumbangan efektifnya 36%.

Kata Kunci: problem based learning, berpikir kritis, social skill, alat optik.

RAHMATIAH, S.Pt.
Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk (a) mendeskrisikan peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model TAPPS. (b) mengetahui pengaruh aktivitas belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran kooperatif model TAPPS. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa aktivitas kegiatan guru dalam merencanakan pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (63%), siklus II (71%), siklus III (89%). Aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (55,56%), siklus II (74,71%), siklus III (88,24%). Sedangkan aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkat dari siklus I sebesar 55,56% pada siklus II sebesar 73,26% dan pada siklus III sebesar 90,97%. Hasil tes formatif menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai dari siklus I sebesar 69,44 pada siklus II sebesar 78,21 dan pada siklus III sebesar 91,67. Sementara ketuntasan belajar siswa meningkat dari 45,83% pada siklus I kemudian meningkat menjadi 75% dan meningkat kembali menjadi 91,67%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model TAPPS dapat berpengaruh positif terhadap aktivitas dan hasil belajar Siswa Kelas XI IIS Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran prakarya dan kewirausahaan.

Kata Kunci: prakarya dan kewirausahaan, metode kooperatif, TAPPS.

SAROH, S.Pd.SD.
SDN 2 Tempuranduwur, Kec. Sapuran, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran papan flanel penjumlahan (PANEN LAHAN). Dan untuk mengetahui tingkat kelayakan media Papan Flanel Penjumlahan dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan bagi kelas I SD Negeri 2 Tempuranduwur Kecamatan Sapuran. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development), dengan menggunakan 7 dari 10 langkah dari model Borg and Gall. Subjek dari penelitian ini adalah para siswa kelas I SD Negeri 2 Tempuranduwur Kecamatan Sapuran. Langkah- langkah penelitian tersebut yaitu pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk, uji coba lapangan utama, dan revisi produk akhir. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian media papan flanel penjumlahan layak digunakan.. Produk penelitian telah melalui perencanaan, validasi materi, validasi media, uji coba lapangan awal, dan uji coba lapangan utama. Validasi desain/prototype dilakukan oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, dan 1 praktisi. Hasil validasi materi memperoleh skor rata-rata 4,8 dengan kategori “sangat baik”. Hasil validasi media memperoleh skor rata-rata 4,7 dengan kategori “sangat baik”. Hasil validasi oleh guru memperoleh skor rata-rata 5 dengan kategori “sangat baik”.. Hasil uji coba lapangan awal oleh siswa memperoleh skor rata-rata 4 dengan kategori “baik”. Dan hasil uji coba lapangan utama oleh siswa memperoleh skor rata-rata 4,68 dengan kategori “sangat baik”.

Kata kunci: media, papan flanel, penjumlahan.

AHMAD JUNAIDI, S.Pd.
SDN 4 Rupat Utara, Kabupeten Bengkalis, Prov Riau

Abstrak: Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bahwa melalui supervisi akademik dengan pendekatan kolaboratif dapat meningkatkan keterampilan implementasi model pembelajaran PAIKEM bagi guru-guru SDN 4 Rupat Utara kab. Bengkalis semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. (2) Untuk mengetahui besarnya peningkatan keterampilan implementasi model pembelajaran PAIKEM melalui supervisi akademik dengan pendekatan kolaboratif pada guru SDN 4 Rupat Utara kab. Bengkalis semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah dalam dua siklus. Setiap siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen observasi. Penelitian ini adalah menunjukkan adanya peningkatan kompetensi Guru. Jumlah nilai meningkat sebesar 140, dari kondisi awal 668 menjadi 720 pada siklus I dan naik lagi 808 pada siklus II. Rerata nilai naik 15,6. Pada kondisi awal 74,2, menjadi 80,0 pada siklus I dan naik lagi menjadi 89,8 pada siklus II. Sedangkan ketuntasan klasikal naik sebesar 66,7%. Pada kondisi awal hanya 33,3% naik menjadi 77,8% pada siklus I dan naik lagi menjadi 100% pada siklus II.

Kata kunci: PAIKEM, Supervisi Akademik, Pendekatan Kolaboratif.

Drs. YAHMAD, M.Pd.
SMP Negeri 2 Balen, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan bekas kemasan makanan ringan untuk meningkatkan pemahaman teks prosedur siswa kelas 7C semester genap smp negeri 2 Balen-Bojonegoro tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Bahwa dari data yang dihasilkan pada penelitian ini dalam bentuk siklus diperoleh nilai rata-rata hasil pembelajaran pra siklus sebesar 61.80. pada siklus 1 sebesar 64.35, pada siklus 2 sebesar 67.73, dan pada siklus 3 sebesar 78.60. dan nilai rata-rata ketuntasan belajar siswa pra siklus sebesar 51.80%, pada siklus 1 sebear 55.30%, pada siklus 2 sebesar 66.70% dan pada siklus 3 sebesar 76.50%. Dari hasil nilai tersebut terjadi peningkatan hasil belajar dan ketuntasan belajar siswa dalam penelitian ini.

Kata Kunci: bekas kemasan makanan ringan dan kemampuan memahami teks

Drs. SUGIYANTO, M.Pd.
SMK Negeri 1 Magetan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan Reward and Punishment dalam peningkatan displin kehadiran guru mengajar di SMK Negeri 1 Magetan Kabupaten Magetan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, karena dari hasil penelitian dan analisa data, ternyata pada siklus kedua, kedisiplinan guru dalam kehadiran di kelas pada proses belajar mengajar meningkat dan memenuhi indikator yang telah ditetapkan sebesar 75%. Pada siklus pertama ini guru yang tidak terlambat lebih dari 10 menit baru 21,74%. pada siklus kedua dinyatakan berhasil, karena terdapat 78,26% guru yang terlambat kurang dari 10 menit, atau melebihi target yang telah ditentukan sebesar 75%. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan disiplin guru dalam kehadiran di kelas pada kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan dengan penerapan Reward and Punishment kepada guru.

Kata Kunci: Disiplin Guru, Reward and Punishment

Klik tanda Lepas pada bagian pojok kanan atas berkas (file) pdf untuk membuka tampilan penuh (fullscreen).

Anda hanya memiliki akses untuk melihat atau membaca jurnal saja. Akses untuk mencetak (print), mengunduh (download), dan salin-tempel (copy-paste) telah dibatasi.

Bagi Anda yang ingin mengunduh file jurnal secara utuh (lengkap) yang dapat digunakan sebagai referensi Anda, silahkan menghubungi kontak kami.

Bagi Anda yang berminat agar artikel, karya ilmiah, atau PTK Anda dimuat di jurnal kami, silahkan klik tautan berikut.