Jurnal Pendidikan Interes, Vol. 4, No. 3, 2021

Jurnal Pendidikan Interes merupakan jurnal yang memuat artikel pendidikan hasil penelitian dan non-penelitian, khususnya bidang pembelajaran dan pendidikan yang berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), best practice, makalah, studi kasus, dan studi pembelajaran.

Jurnal ini terbit 4 (empat) kali dalam setahun pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.

Judul JurnalJurnal Pendidikan Interes
EdisiVol. 4, No. 3, Juli – September 2021
BahasaBahasa Indonesia
Frekuensi Terbit3 Bulanan
PenerbitAksara Media
ISSN2615-6415

DAFTAR ISI

Dra, Hj. SRI ENYLUDFIYAH, M.Pd.
SMP Negeri 2 Parepare, Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implemntasi In House Training (IHT) sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan guru IPA SMP Negeri 2 Parepare dalam mengaplikasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam proses belajar mengajar pada era pandemi covid-19. Aplikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada penelitian ini difokuskan pada kemampuan guru IPA dalam mengoperasikan fitur- fitur dalam media handphone maupun komputer/laptop untuk membantu guru dalam mproses belajar mengajar pada era pandemi covid-19. Adapun media yang dipergunakan dalam pelaksanaan kegiatan In House Training (IHT) adalah berupa modul hasil karya peneliti selaku kepala sekolah, dimana modul tersebut dapat dipergunakan sebagai panduan bagi guru-guru SMP Negeri 2 Parepare dalam mengaplikasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Berdasarkan data yang diperoleh dalam instrumen keterlaksanaan program kegiatan yang meliputi kegiatan persiapan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, dan refleksi dapat diketahui bahwa rata-rata persentase nilai kemampuan guru IPA dalam mengaplikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) melalui IIn House Training (IHT) mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I kemampuan guru mencapai nilai rata-rata 61,91 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 88,99.

Kata Kunci: In House Training, profesionalisme guru IPA, TIK

MURTININGSIH, S.Pd.Jas.
SDN 1 Tempuranduwur, Kec. Sapuran, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningktan kreativitas mengajar guru kelas dalam mengimplementasikan aplikasi Google Classroom pada pembelajaran daring masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri 1 Tempuranduwur Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo Semester II Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dalam bentuk siklus-siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah siklus I dan siklus II dibandingkan, menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kretivitas guru dalam penggunaan aplikasi Google Classroom. Pada siklus I baru mencapai 38% dan pada siklus II mencapai 94%, hal sudah mencapai kriteria yang ditentukan, yaitu minimal 80%.

Kata Kunci: kreativitas mengajar guru, aplikasi Google Classroom, pandemi Covid-19

SRI MARTINI, S.Pd., M.Pd.
SMP Negeri 3 Maospati, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk:(1) Mengetahui peranan pembelajaran dalam penerapan metode remidial terhadap pemahaman peserta didik,(2) Mengetahui apakah pembelajaran dengan penerapan model remidial dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris tema”Family Life”. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Maospati, Kabupaten Magetan dengan subyek penelitian adalah kelas VII C semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa sebanyak 26. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut: (1) Ada peranan dalam penerapan metode remidial terhadap pemahaman peserta didik, (2) Pembelajaran dengan penerapan remidial dapat meningkatkan perolehan nilai rata- rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris tema”Family Life”, di mana peneliti melaksanakan tugas sebagai guru pengajar (khususnya Bahasa Inggris) disekolah tersebut. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan yaitu mulai awal bulan Agustus sampai dengan akhir bulan Oktober 2018. Dari data diperoleh prestasi hasil belajar siswa meningkat setiap siklusnya. Dengan perolehan sebagai berikut: nilai rata-rata siswa Kelas VII C pada siklus 1:52,10; siklus 2: 63,70; dan siklus 3:84,20. Hal ini menunjukkan keberhasilan pembelajaran remidial bahasa Inggris pada siswa Kelas VII C Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 di SMP Negeri 3 Maospati.

Kata Kunci: tema: family life, model remidial, aktivitas, dan hasil belajar

ZULKIFLI, M.Pd.
Pengawas SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, Riau

Abstrak: Implementasi blended learning sebagai pengganti pembelajaran tatap muka selama pandemi Covid 19 di sekolah SMPN 9 Bathin Solapan. Penelitian ini dilakukan di SMPN 9 Bathin Solapan. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menunjukkan bahwa sekolah menerapkan blended learning sebagai salah satu cara dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Sekolah ini telah menerapkan pembelajaran dengan menggunakan blended learning dalam menyampaikan bahan ajar kepada siswa. Sejauh yang peneliti amati dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan blended learning, beberapa permasalahan yang dipinjamkan pembelajaran dapat diterapkan secara tatap muka atau virtual, dilanjutkan dengan pembelajaran online melalui website dan media sosial, kemudian pemberian tugas mandiri atau kelompok dan praktik berbasis pemecahan masalah. Selanjutnya untuk mendukung pembelajaran jarak jauh secara optimal, perlu melibatkan orang tua dalam mendampingi anaknya belajar di rumah.

Kata kunci: blended learning, pengganti pembelajaran tatap muka, pandemi Covid 19

MARJONO, S.Pd.
SDN Alastuwo 3, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pembinaan kepala sekolah melalui supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja guru dalam pengembangan evaluasi hasil belajar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan sekolah (PTS) yang dilakukan dalam 3 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan kinerja guru dengan mencapai standar ideal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembinaan melalui supervisi akademis Kepala Sekolah memiliki dampak positif dalam meningkatkan kinerja guru, hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman guru terhadap pembinaan yang disampaikan Kepala Sekolah (Kinerja guru meningkat dari siklus I rata-rata nilai guru 62,86 dengan ketuntasan 28,57%; pada siklus II mencapai 72,86 dengan ketuntasan 71,43%; dan pada siklus III 78,57 dengan ketuntasan 100%

Kata kunci: supervisi akademik, kinerja guru,pengembangan evaluasi hasil belajar

RETNO DEWATI, M.Pd.
SMP Negeri 1 Takeran, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS pada pembelajaran daring di kelas 9A SMP Negeri 1 Takeran tahun pelajaran 2020/2021 melalui metode project based learning pada materi Perubahan Kehidupan Sosial Budaya dan Globalisasi. Pendekatan dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang memaparkan proses dan hasil yang dilakukan di kelas saat pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran daring dan pemecahan masalah yang ada di kelas. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dengan dengan teknik pengumpulan data dengan observasi, tes dan dokumentasi. Sebelum tindakan di Siklus I dan Siklus II terlebih dahulu dilakukan pratindakan untuk mengetahui permasalahan yang ada. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS dengan diterapkannya metode project based learning pada kelas 9A SMP Negeri 1 Takeran tahun pelajaran 2020/2021. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS siswa setiap siklusnya. Motivasi saat pratindakan nilai perolehan akhir 49,80% dengan kategori rendah, meningkat di Siklus I nilai perolehan akhir 75,31% dengan kategori tinggi, meningkat lagi di Siklus II nilai perolehan akhir 87,18% dengan kategori sangat tinggi. Hasil belajar saat pratindakan nilai rata-rata hanya 70,12 mengalami peningkatan di Siklus I dengan rata-rata nilai mencapai 81,32 dan di Siklus II semakin meningkat dengan rata-rata nilainya menjadi 90,25. Ketuntasan belajar meningkat dari pratindakan yang hanya mencapai 47% kategori cukup baik, mengalami peningkatan di Siklus I menjadi 78% kategori baik dan meningkat lagi di siklus II menjadi 91% kategori sangat baik dan telah mencapai 80% dari yang ditargetkan.

Kata kunci: motivasi, hasil belajar, pembelajaran daring, metode project based learning

TITIK SURYANTI, S.Pd.M.Pd.
SMP Negeri 1 Kepil, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah: 1) mengembangkan tes diagnostik kognitif khususnya pada materi klasifikasi makhluk hidup, 2) mengetahui kesulitan siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup, 3) mengetahui konsistensi tes diagnostik kognitif yang dikembangkan. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini adalah: 1) model hipotetik divalidasi ahli, 2) revisi I, 3) uji coba terbatas, 4) revisi II, 5) uji coba agak luas, 6) revisi III, 7) uji coba luas, 8) instrumen final, 9) diseminasi produk. Analisis yang dilakukan meliputi: 1) analisis validitas butir dan reliabilitas dengan menggunakan anates. Dari hasil penelitian ini diperoleh 19 butir soal yang baik, dengan indeks reliabilitas soal pilihan jawaban 0,73 dan soal pilihan alasan 0,80. Lebih rinci capaian hasil belajar pada aspek kognitif: 1) C1 rata-rata 59,15%, 2) C2 rata-rata 65,41%, 3) C3 rata-rata 60,65%, 4) C4 rata-rata 51,2%.

Kata kunci: tes diagnostik kognitif, IPA SMP.

DIDY DEWANTORO MASAILLA, S.Pd.
SMA Negeri 1 Barat, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi limit fungsi bagi peserta didik kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Barat Semester genap Tahun Pelajaran 2017/2018 dan untuk mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar tersebut. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari 2 siklus, dengan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif yaitu dengan membandingkan data antar siklus. Hasil penelitian ini adalah melalui model pembelajaran Course Review Horray dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi limit fungsi bagi peserta didik kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Barat semester genap tahun pelajaran 2017/2018 dan terjadi peningkatan hasil belajar matematika sebesar 17,65% yaitu pada siklus I yang tuntas 70,59 % peserta didik menjadi 88,24% pada siklus II setelah menerapkan model pembelajaranCourse Review Horray. pada materi limit fungsi bagi peserta didik kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Barat semester genap tahun pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci: aktivitas, hasil belajar, limit fungsi, Course Review Horray.

ENDAH MURTININGSIH, S.Pd.
SMP Negeri 3 Dolopo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kompetensi guru dalam menyusun model pembelajaran melalui workshop TI (Teknologi Informasi) di SMPN 3 Dolopo Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2019/2020?. Penelitian ini merupakah model penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru lain serta dengan kepala sekolah. Peneliti terlibat langsung dalam penelitian mulai dari awal sampai penelitian berakhir. Peneliti berusaha melihat, mengamati, merasakan, menghayati, merefleksi dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (obseving), dan refleksi (relecting). Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat maka data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif dengan menyertakan nilai asil tes dan pengaatan sebagai bahan pertimangan. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa melalui workshop TI (Teknologi Informasi) dapat meningkatkan Kompetensi guru dalam menyusun strategi pembelajaran di SMPN 3 Dolopo Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2019/2020,Guru SMPN 3 Dolopo Kabupaten Madiun memberikan respon sangat positif terhadap kegiatan penyusuan strategi pembelajaran. melalui workshop TI (Teknologi Informasi).

Kata Kunci: Kompetensi Guru, Workshop TI (Teknologi Informasi)

EKO NUR KHOLIK, S.Pd.SD.
SD Negeri 2 Kalimendong, Kec. Leksono, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Pemerintah meluncurkan program literasi sekolah pada jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA/SMK untuk meningkatkan minat baca peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk meneliti bagaimana program ini berjalan. Penelitian ini difokuskan pada unit sekolah SD Negeri 2 Kalimendong dengan menggunakan model evaluasi CIPPO. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara, dan pemeriksaan dokumen pelaksanaan program. Sumber informasi pada penelitian ini adalah kepala madrasah, pendidik dan tenaga kependidikan serta peserta didik. Pada penelitian ini dilakukan triangulasi terhadap sumber informasi dan juga waktu penelitian. Hasil penelitian pada komponen konteks menunjukkan adanya relevansi dan hubungan yang kuat antara program dengan tujuan dari sekolah, pada komponen input perlunya dukungan kuat dari pemilik program, khususnya pendanaan, pada komponen proses menunjukkan pelaksanaan telah berjalan maksimal, dari komponen product menunjukkan bahwa banyak peserta telah menghasilkan karya literasi , dan dari komponen dampak jangka pendek menunjukkan terciptanya beberapa kelompok belajar.

Kata Kunci: literasi, model evaluasi CIPPO, kualitatif

Drs. KHARISUDIN, M.Pd.
MTs Al Ma’arif Rakit Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan membaca tajwid dan hasil belajar pada materi Penerapan Hukum Tajwid Peserta Didik Kelas VIIIC MTs Al Ma’arif Rakit Tahun 2019. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas VIII C MTs MTs Al Ma’arif Rakit dengan jumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes tertulis, angket dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini ada dua yaitu data kualitataif dan data kualitataif. Hasil penelitian; (1) Terdapat peningkatan kemampuan membaca tajwid sebesar 25,81% dari 46,77 (kondisi pra-siklus) menjadi 72.58% (kondisi akhir siklus II) dengan predikat baik. (2) Prosentase ketuntasan belajar meningkat 32,25% dari 41,94% (kondisi pra-siklus) menjadi 74,19% (kondisi akhir siklus II). Kesimpulan dari penelitian adalah metode Student Facilitator And Explaining (SFE) berbantuan flow chart dapat meningkatnya kemampuan membaca tajwid dan hasil belajar peserta didik.

Kata Kunci: Al-Qur’an Hadist, student facilitator and explaining, SFE, flow chart

KATI RAHAYUNI, M.Pd.
SMP Negeri 1 Sangatta Utara, Kab. Kutai Timur, Prov. Kalimantan Timur

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model Experiental Learning dalam meningkatkan keterampilan unjuk kerja menulis dan hasil belajar pada pelajaran Bahasa Inggris materi teks undangan pribadi dan ucapan selamat (greeting card), sesuai dengan konteks penggunaannya pada siswa kelas VIII-C SMPN 1 Sangatta Utara, Kutai Timur semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam bentuksiklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), dan refleksi (relecting). Dari hasil penilaian dan pembahasan diperoleh data sebagai berikut. Aktivitas belajar siswa siklus I mencapai 72,34% pada kategori baik. Sedangkan pada siklus II meningkat dan mencapai 78,75% pada kategori baik. Adapun hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata kelas baru mencapai 70,37 dengan ketuntasan 34,37% pada KKM 75. Pada siklus II nilai rata- rata kelas mencapai 75,98 dengan ketuntasan 87,5% pada KKM 75.

Kata kunci: model Experiental Learning, Greeting Card, kartu undangan

Klik tanda pada bagian pojok kanan atas berkas (file) pdf untuk membuka tampilan penuh (fullscreen).

Anda hanya memiliki akses untuk melihat atau membaca jurnal saja. Akses untuk mencetak (print), mengunduh (download), dan salin-tempel (copy-paste) telah dibatasi.

Bagi Anda yang ingin mengunduh file jurnal secara utuh (lengkap) yang dapat digunakan sebagai referensi Anda, silahkan klik tautan berikut.

Bagi Anda yang berminat agar artikel, karya ilmiah, atau PTK Anda dimuat di jurnal kami, silahkan klik tautan berikut.