Jurnal Pendidikan Interes, Vol. 4, No. 4, 2021

Jurnal Pendidikan Interes merupakan jurnal yang memuat artikel pendidikan hasil penelitian dan non-penelitian, khususnya bidang pembelajaran dan pendidikan yang berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), best practice, makalah, studi kasus, dan studi pembelajaran.

Jurnal ini terbit 4 (empat) kali dalam setahun pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.

Judul JurnalJurnal Pendidikan Interes
EdisiVol. 4, No. 4, Oktober – Desember 2021
BahasaBahasa Indonesia
Frekuensi Terbit3 Bulanan
PenerbitAksara Media
ISSN2615-6415

DAFTAR ISI

SUTILAH, S.Pd.SD.
SDN 1 Pecekelan, Sapuran, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran Pop Up Box Ular Tangga yang layak digunakan pada mata pelajaran matematika khususnya materi bangun datar dan bangun ruang untuk siswa SD kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan mengacu pada model Borg&Gall yang telah diadaptasi oleh Sugiyono. Namun pada penelitian ini hanya melalui lima tahap, yaitu pengumpulan data, desain produk, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk.Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Pop Up Box Ular Tangga pada mata pelajaran matematika khususnya materi bangun datar dan bangun ruang untuk siswa SD kelas V sudah dikatakan layak. Hal ini dibuktikan dari terpenuhinya kriteria minimal baik pada setiap komponen, yakni hasil validasi ahli materi menunjukkan kategori sangat baik (3,55), hasil validasi ahli media menunjukkan kategori baik (3,14), hasil uji coba produk tanggapan siswa menunjukkan kategori sangat baik (3,55), dan hasil uji coba produk tanggapan guru menunjukkan kategori sangat baik (3,78).

Kata kunci: Pop Up Box Ular Tangga, bangun datar, bangun ruang.

ERITA DARMASTUTI SUSANTI, S.Pd.Jas.
SD Negeri 2 Rimpak, Sapuran, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran berupa modifikasi permainan ular tangga untuk mengajarkan PHBS (perilaku Hidup bersih dan Sehat) siswa kelas 2 SD Negeri 2 Rimpak Kecamatan Sapuran. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menghasilkan atau mengembangkan suatu produk yang dimodifikasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 2 dari SD Negeri yang ada di kecamatan Sapuran dengan jumlah total 30 siswa. Dihasilkan satu paket produk media pembelajaran berupa modifikasi permainan ular tangga PHBS yang terdiri dari papan permainan ular tangga, dadu undian, lembar petunjuk permainan dan tas. Hasil validasi media pembelajaran oleh ahli materi mendapatkan nilai rata-rata 4,22 sehingga masuk dalam kategori “sangat baik”, dan untuk nilai validasi oleh ahli media mendapatkan nilai rata- rata 4,4 sehingga masuk dalam kategori “sangat baik”. Hasil uji coba lapangan mendapatkan nilai rata-rata 4,6 yang masuk dalam kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran modifikasi permainan ular tangga layak digunakan untuk mengajarkan PHBS di kelas 2 SD Negeri 2 Rimpak Kecamatan Sapuran.

Kata kunci: media pembelajaran, ular tangga, mengajarkan PHBS

INDWIARTO, S.Pd.
SD Negeri 1 Kalibawang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media papan Kali Bagi yang layak untuk kelas SD Negeri 1 Kalibawang Kecamatan Kalibawang dan untuk mengertahui efektifitas media papan Kali Bagi dalam memahami konsep perkalian dan pembagian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Peneliti hanya menggunakan 7 langkah, yaitu meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi pustaka, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskripstif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media papan Kali Bagi ini layak digunakan di sekolah dasar. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi materi memperoleh nilai rata-rata 4,4 dengan katagori “Sangat Baik”. Hasil validasi media terakhir memperoleh nilai rata-rata 4,1 dengan katagori “Baik”. Uji coba produk dari hasil angket siswa memperoleh nilai rata-rata 4,93 dengan katagori “Sangat Baik” dan dari angket guru memperoleh nilai rata-rata 4,6 dengan katagori “Sangat Baik”. Media papan Kali Bagi ini efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian dan pembagian. Hal tersebut ditunjukan dari nilai rata-rata posttest siswa lebih besar yaitu 96,67 dibandingkan dengan nilai rata-rata pretest siswa yaitu 50, serta terdapat peningkatkan pada nilai siswa sebesar 93,34%.

Kata kunci: media, papan kali bagi, perkalian dan pembagian, efektifitas.

WIWIK PRISTIYANI, S.Pd.
SMP Negeri 1 Karangrejo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) Peningkatkan proses pembelajaran menggambar bentuk siswa kelas VII D tahun pelajaran 2017-2018 melalui pembelajaran outdoor, (2) Peningkatkan hasil pembelajaran menggambar bentuk kelas VIID tahun pelajaran 2017-2018 melalui pembelajaran outdoor. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Action Risearch atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas VII D yang berjumlah 28 siswa. Dari tindakan- tindakan yang dilaksanakan dalam penelitian ini, diperoleh hasil data pada siklus pertama berjumlah 28 siswa yang mencapai target nilai minimal 75 adalah 17 siswa, sedangkan siswa yang belum mencapai target minimal 75 adalah sebesar 11 siswa. Dengan kata lain 60% siswa sudah berhasil mencapai target nilai minimal dan 40% siswa belum mencapai nilai target minimal. Hasil penilaian pada siklus pertama mencapai nilai total sebesar 1971 dengan nilai rata-rata 70,39 termasuk dalam kategori cukup. Pada siklus kedua 2 siswa telah mencapai rentang nilai sebesar 91-100 atau 7.14%, kemudian 18 siswa mencapai rentang nilai sebesar 81-90 atau 64.29%, sedangkan 8 siswa mencapai rentang nilai sebesar 71-80 atau 28.57%. Dengan kata lain, sebagian besar hampir 80% siswa sudah berhasil mencapai target nilai minimal. Hasil penilaian pada siklus kedua mancapai nilai total sebesar 2298 dengan nilai rata-rata 82.07 termasuk dalam kategori baik. Meskipun tidak seluruh siswa tuntas namun kenaikan ketuntasan terlihar signifikan. Berdasarkan hasil analisa diperoleh kesimpulan bahwa pengajaran mengambar bentuk pada siswa kelas VII D Tahun Pelajaran 2017-2018 SMP Negeri 1 Karangrejo melalui pembelajaran outdoor sangat efektif untuk membantu siswa dalam menggambar bentuk.

Kata kunci: menggambar bentuk, pembelajaran outdoor

NUR LESTARI, S.Pd., M.Pd.
SD Negeri Karangrejo, Kawedanan, Kab. Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan workshop penyusunan RPP pada kegiatan KKG Kelas 6 SD se-Gugus Sekolah Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru Kelas 6 SD se Gugus Sekolah Wiyata Bakti Kecamatan Kawedanan dalam menyusun RPP.Penelitian ini merupakan penelitian tindaan sekolah. Dari hasil-hasil yang dipaparkan pada Bab IV, dibuat simpulan bahwa: Terjadi peningkatan kompetensi pedagogik Guru Kelas 6 SD se Gugus Sekolah Wiyata Bakti Kecamatan Kawedanan dalam menyusun RPP melalui workshop pada kegiatan KKG Kelas 6 SD se Gugus Sekolah Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan. Aktivitas guru dalam mengikuti workshop penyusunan RPP yang lengkap dan sistematis pada siklus kedua lebih baik daripada pada saat siklus pertama.

Kata kunci: Pedagogik, RPP, Workshop

ASCHURI, S.Pd.SD
SD Negeri 3 Banyumudal, Sapuran, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dampak pembelajaran daring terhadap kompetensi pedagogik guru kelas 1 SD Negeri 3 Banyumudal Kecamatan Sapuran dan mendiskripsikan dampak pembelajaran daring terhadap kompetensi profesional guru kelas 1 SD Negeri 3 Banyumudal Kecamatan Sapuran selama masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yakni guru kelas 1 sekolah dasar. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan studi dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik gregory dengan penilaian 4 pakar. Data analisis menggunkan model analisis Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, analisis data, dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukan dampak adanya pembelajaran daring selama masa pandemi menyebabkan rendahnya kompetensi pegogik guru dilihat dari indikator yang tidak dilaksanakan guru dengan maksimal. Pembelajaran daring juga menyebabkan menurunnya kompetensi profesional yang dimiliki guru karena guru tidak melaksanakan beberapa indikator yang ditunjukan selama pelaksanaan pembelajaran daring. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dampak dari adanya pembelajaran daring menyebabkan kompetensi pedagogik dan profesional guru menurun di SD Negeri 3 Banyumudal Kecamatan Sapuran.

Kata kunci: kompetensi pedagogik dan profesional, dampak pembelajaran daring

RUMIYATI, S.Pd.
SDN 1 Sedayu, Sapuran, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Papan Flanel Penjumlahan dan Pengurangan (PANEL JUANG) dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan di kelas 1 SD Negeri 1 Sedayu Kecamatan Sapurandan untuk mengetahui tingkat kelayakan media Papan Flanel Penjumlahan dan Pengurangan (PANEL JUANG) dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan di kelas 1 SD Negeri 1 Sedayu Kecamatan Sapuran. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (R&D). Hasil penelitian menunjukkan media papan flanel penjumlahan dan pengurangan layak digunakan di sekolah dasar. Produk penelitian telah melalui tahap perencanaan, validasi materi, validasi ahli, dan uji coba lapangan. Hasil validasi materi terakhir memperoleh skor rata-rata 4,87 dengan kriteria “sangat baik”. Hasil validasi media terakhir memperoleh skor rata-rata 5 dengan kriteria “sangat baik”. Hasil uji coba lapangan terbatas memperoleh skor rata-rata 5 dengan kriteria “sangat baik”. Hasil uji coba lapangan memperoleh skor rata-rata 4,73 dengan kriteria “sangat baik”.

Kata kunci: media, papan flanel, penjumlahan dan pengurangan

Drs. HARIYADI, M.Pd.
SDN Tladan 1 Kec. Kawedanan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan peneliti untuk meningkatkan prestasi guru dalam pelaksanan pembelajaran melalui supervisi pada guru SDN Tladan 1 Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan semester I Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan penelitian ini adalah School Action Research atau Penelitian Tindakan Sekolah dengan desain penelitian menggunakan sistem tiga siklus. Dalam pengolahan data menggunakan metode penelitian deskripsi kuantitatif. Dari tindakan-tindakan yang dilakukan dalam penelitian ini prestasi guru dalam pembelajaran melalaui supervisi kelas meningkat signifikan. Pada siklus I nilai rata-rata (mean) sebesar 57,44 berdasarkan acuan yang digunakan termasuk kategori kurang. Pada siklus II nilai rata-rata (mean) yang diperoleh meningkat dari 57,44 menjadi 64,89. Berdasarkan acuan yang digunakan termasuk kategori cukup. Pada siklus III nilai rata- rata (mean) meningkat dari 64,89 menjadi 82,89. Berdasarkan acuan yang digunakan termasuk kategori baik. Jumlah guru yang berhasil dalam pelaksanan pembelajaran juga mengalami peningkatan dari lima orang guru atau 55,56% menjadi 9 orang guru atau 100%.

Kata kunci: supervisi, pelaksanan pembelajaran

ENDANG SUSILAWATI, S.Pd
SMP Negeri 1 Nguntoronadi, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan pembahasan malasah ini adalah (1) Untuk mengetahui peran orang tua siswa dalam pembelajaran daring Bahasa Indonesia di masa pandemic. (2) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi peran orang tua siswa dalam pembelajaran daring Bahasa Indonesia. (3) Untuk mengetahui kesiapan gruu dan orang tua siswa dalam mendampingi pembelajaran online atau daring. Teknologi informasi merupakan dari perkembangan ilmu pengetahuan. Teknologi informasi dalam dunia pendidikan mampu menjadi alat penyampai informasi dari guru kepada peserta didik. Dalam situasi pandemi seperti sekarang, teknologi informasi mempunyai peran sebagai penyampai gagasan atau ide, pendapat, materi pembelajaran dan tempat dimana kegiatan pembelajaran dilakukan. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik selama jarak jauh di sekolah terbagi menjadi 3, antara lain; pembelajaran daring (dalam jaringan), pembelajarn luring (luar jaringan), dan kombinasi. Peran guru dan orang tua secara bersinergi sangat dibutuhkan oleh anak agar mau dan mampu mengembangkan potensiinya.

Kata Kunci: peran orang tua, pembelajaran daring, Bahasa Indonesia, pandemi Covid-19

Dra. YAYUK DARWATI, M.Pd.
SMA Negeri 1 Jiwan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan ini adalah: untuk mendeskripsikan peningkatan minat dan kemampuan menganalisis penerapan budaya demokrasi menuju masyarakat madani bangsa Indonesia dalam pembelajaran PPKn dengan pendekatan Kontekstual (Contexyual Teaching and Learning / CTL) peserta didik kelas XI IPA4 SMAN 1 Jiwan Tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat maka data yang telah terkumpul dianalisis secara statistik yaitu menggunakan rumus mean.Mengacu pada hipotesis tindakan yang diajukan dan hasil penelitian dapat dismpulkan bahwa ada peningkatan minat dan kemampuan menganalisis penerapan budaya demokrasi menuju masyarakat madani bangsa Indonesia dalam pembelajaran PPKn melalui merode CTL (contextual teaching and learning) peserta didik kelas XI IPA4 SMAN 1 Jiwan Tahun Pelajaran 2016/2017. Pada siklus I kemampuan afektif siswa mencapai 72%, kemampuan psikomotor mencapai 80,7%, dan kemampuan kognitif mencapai 72,33. Pada siklus II masing-masing meningkat menjadi kemampuan afektif siswa mencapai 85%, kemampuan psikomotor mencapai 85,2%, dan kemampuan kognitif mencapai 88,58

Kata Kunci: menganalisis, pembelajaran PPKn, metode CTL

ZULFIKRI ALWY JAUHARI, S.Pd.
MAN 3 Madiun, Kabupaten Madiun, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran Numbered heads together (kepala bernomor) dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika pada kompetensi memahami konsep pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel di kelas X MIA 1 Madrasah Aliyah Negeri 3 Madiun Tahun Pelajaran 2019/2020. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (obseving), dan refleksi (relecting). Dari hasil penelitian menunjukkan bawa terjadi peningkatan motivasi belajar matematika pada kompetensi memahami konsep pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel di kelas X MIA 1 Madrasah Aliyah Negeri 3 Madiun Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan Numbered heads together (kepala bernomor). Nilai kognitif pada siklus I siswa mencapai rata-rata 52,82; meningkat pada siklus II menjadi 68,13; dan meningkatlagi pada siklus III menjadi 80,31. Nilai psikjomotor pada siklus I siswa mencapai rata-rata 75,13; meningkat pada siklus II menjadi 80,38; dan meningkatlagi pada siklus III menjadi 86,50.

Kata kunci: konsep pertidaksamaan rasional dan irasional, Numbered heads together

ZULKIFLI, M.Pd.
Pengawas SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, Riau

Abstract: The Google formulir application is an application in the form of emplate or worksheet that can be used independently or together for user information purposes. This app works within google drive storage. This app works in tandem with google sheets, google docs and more. Google formulir templates are simple and very easy to reach and use, and are available in a wide selection of languages. The requirement to use it is only to have a google account for the processor or form maker. Google forms is a google drive facility that works, among others; to make a registration, make a check list, make another list by asking someone or a respondent to fill in the questions that we have made. The Google formulir that has been created will later be shared based on the link listed on the application, so that respondents can open it on Android and fill it out. The use of google forms that are very easy to create and apply to distance learning during the Covid-19 Pandemic. The advantage of using Google Forms is that you can enter material in the form of learning videos and questions. Then the students score quickly so they can see the follow-up in processing the data distributed in the target schools. From the use of google forms as a tool to obtain data in the target schools, the work of carrying out both managerial and academic supervision will become easier. Because if we use google forms, we will get data instantly.

Keyword: google form, supervision, managerial and academic.

Klik tanda Lepas pada bagian pojok kanan atas berkas (file) pdf untuk membuka tampilan penuh (fullscreen).

Anda hanya memiliki akses untuk melihat atau membaca jurnal saja. Akses untuk mencetak (print), mengunduh (download), dan salin-tempel (copy-paste) telah dibatasi.

Bagi Anda yang ingin mengunduh file jurnal secara utuh (lengkap) yang dapat digunakan sebagai referensi Anda, silahkan klik tautan berikut.

Bagi Anda yang berminat agar artikel, karya ilmiah, atau PTK Anda dimuat di jurnal kami, silahkan klik tautan berikut.